Single Terbaru Valla “Magnum Opus” dan Fenomena Narsistik Medsos

Sebelum merilis EP terbaru, band rock alternatif asal Bandung, Valla, mengenalkan single “Magnum Opus,” pada 16 September 2022.

“Magnum Opus” dimainkan oleh Cahyo Utomo Wicaksono pada drum, Kareka Puja Saputra pada guitar sekaligus vokal, dan Angga Prihayadi pada bas.

Single ini menyasar seputar ketenaran dan narsistik yang mengepung kehidupan sosial selepas era digital jadi gaya hidup. Media sosial telah memicu orang-orang untuk berlomba mendapat perhatian khalayak.

Valla merasakan kejenuhan fenomena narsistik yang sepertinya menjadi skill penting yang harus dimiliki petualang digital. Kini, orang-orang tersebut seolah tak candu atas perhatian dan pengakuan.

Valla. Foto: Valla.

Trio ini tak habis pikir dengan tsunami konten-konten digital: Yang bahkan bukan karya pun disebut karya, hanya karena berhasil secara viralnya saja.

Suasana ini bukan hal baru. Jauh sebelum sosial media merebak, televisi menjadi lahan basah selebriti yang meroket dan disenangi publik, melebihi pamor seniman-seniman asli yang berkarya tanpa sensasi.

“’Magnum Opus’ secara harfiah memiliki arti sebuah karya seni, musik atau sastra yang besar dan penting, terutama yang dianggap sebagai karya paling penting dari seorang seniman atau penulis. Jadi yang penting karyamu atau wajahmu yang harus tenar? Seorang teman berkata, ‘Lagu ini rasanya tepat untuk didengarkan sambil mengacungkan jari tengah.’ Ya, barangkali benar, atau sekalian saja kita kencingi wajah mereka!” begitu sikap Valla.

Valla. Foto: Valla.

Kelahiran single ini diproduseri oleh Muhammad Thoriqul Fahmi, direkam di Escape Studio, Studio Atma, BLEU FEELIN, dengan mixing dan mastering oleh Muhammad Thoriqul Fahmi. Lagu ini didistribusikan ke layanan streaming musik digital oleh Mirror Rekords.

Valla menukil inspirasi dari ornamen rock di antara era 90 dan 2000-an dengan isian gitar bertekstur shoegaze yang lebih berisik. Sejak berdiri pada 2015, Valla tetap bertahan dengan personel yang sama yaitu Cahyo Utomo Wicaksono (Drum/Vocal), Angga Prihayadi (Bass/Vocal) dan Kareka Puja Saputra (Guitar/Vocal).

Mereka merilis karya pertamanya pada tahun 2019 di layanan digital. Hingga kini, Valla telah membukukan karya dengan 7 single, 1 EP, dan 1 album.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top
%d blogger menyukai ini: