mikrofon.id

Rieka Roslan Rilis Lagu ‘Dahulu,’ Rayakan 23 Tahun Bermusik dan Menulis Lagu

RIeka Roslan. Foto: Rieka Roslan.

MIKROFON.ID – Rieka Roslan masih ingat rasanya ditolak beberapa label besar saat mencoba meraba arah karier bermusik, di usia 16 tahun, kelas 2 SMA.

Tetapi ia juga tak lupa momen-momen mengagumkan yang hadir setelah ujian itu: tawaran manggung bermunculan, ajakan label rekaman, sampai mengisi hari-hari bernyanyi lagu ciptaan sendiri, terutama saat bersama The Groove.

Mungkin yang nyaris luput, Rieka adalah mesin pencetak lagu hits. Karyanya mengalir dari suara-suara musisi ternama: Iwan Fals, Krisdayanti, Sheila Majid, hingga Shanty.

Lagu “Dahulu” yang dipopulerkan oleh The Groove dan menjadi salah satu hits sepanjang masa di industri musik Indonesia hanyalah satu dari setumpuk karya ciptaan Rieka.

Menembus 23 tahun berkarya, lagu-lagu hits ciptaannya kembali dikumpulkan untuk dirilis satu per satu. Seluruh hits ini akan dikompilasikan dalam medium vinyl (piringan hitam) melalui album “Story of My Life: Rieka Roslan” yang akan dicetak terbatas.

Fase baru dari 23 tahun berkarya ini merupakan komitmen dirinya untuk menjaga konsep nilai bermusik yang selalu dijaga.

Rieka muda ditolak label bukan karena kualitas suara tak layak. Rieka bersikukuh ingin dikontrak dengan tetap menyanyikan lagu ciptaannya sendiri, di saat label mendesain Sang Vokalis dengan materi-materi baru.

Maka, album “Story of My Life: Rieka Roslan” merupakan perwujudan mimpi Rieka untuk menjadi penyanyi yang melantunkan hasil karya lagu ciptaannya sendiri.

“Di awal itu aku sempat ditolak label besar 4 kali. Bukan karena suara, karena mereka relatif suka suaraku. Tetapi karena aku keukeuh jadi penulis lagu, nyanyiin lagu sendiri. Penolakan itu jadi cambuk aku untuk berjuang dan cari jalan lain,” kata Rieka, saat menjadi tamu dalam program #MaraMusik di 106.7 Mara FM Bandung, Selasa, 29 Maret 2022.

Menandai perjalanan panjang selama 23 tahun berkarya di industri musik Indonesia, Rieka Roslan merilis single dan music video “Dahulu,” di Jakarta, 23 Maret 2022.

Lagu “Dahulu” dipilih karena pada tanggal 23 Maret 2022 lagu ini tepat 23 tahun mewarnai industri musik Indonesia.

Berawal dari sebuah kisah yang terjadi 32 tahun yang lalu. Ketika itu, Rieka Roslan adalah seorang siswi SMA Negeri 2 Bandung yang senang bersenandung dan merangkai nada dan lirik hanya untuk melepaskan keinginannya untuk menjadi penyanyi yang bisa menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri.

Rieka Roslan merilis ‘Dahulu,’ single ciptaan dirinya yang akan jadi kompilasi album ‘Story of My Life: Rieka Roslan’ bersama hits lain. Foto: Muhammad Fikry Mauludy/mikrofon.id.

Keinginan keras Rieka untuk menjadi penyanyi akhirnya membuahkan hasil di tahun 1999. Mimpinya untuk menjadi penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri akhirnya terwujud.

Tahun 1999, Rieka Bersama Yuke, Ali, Reza, Tanto, Deta, Rejoz, Arie dan Ari Firman akhirnya membentuk sebuah band yang kemudian dikenal dengan nama The Groove.

Bersama The Groove, Rieka berjuang memperkenalkan genre musik yang mereka sukai ke seluruh Indonesia.

Perjalanan karir sebagai penyanyi dilalui Rieka dari café ke café, dari satu panggung ke panggung lainnya.

Dahulu

Kini, di usianya yang sudah 52 tahun, Rieka ingin menuturkan kisah suka dukanya sebagai penulis lagu.

Mengambil momentum 23 tahun perjalanan karier Rieka Roslan di industri musik Indonesia pada 2022 ini, ia mempersembahkan “Dahulu”, satu lagu yang ditulisnya 32 tahun silam dan tersimpan di buku hariannya.

“Dahulu” dipopulerkan oleh The Groove. Lagu ini menjadi salah satu hits sepanjang masa di industri musik Indonesia dan masih diperdengarkan hingga saat ini.

Sebagai bagian dari merayakan perjalanan karirnya, Rieka Roslan akan meluncurkan satu per satu single hits yang ia ciptakan.

Seluruh hits ini akan dikompilasikan dalam medium vinyl (piringan hitam) dengan tajuk album “Story of My Life: Rieka Roslan,” yang akan dicetak sangat terbatas.

Dalam proses pembuatan vinyl ini, Rieka dibantu oleh Subo Family (Aria Anggadwipa, Intan Anggita Pratiwie dan Arif Liberto Jacob).

“Dahulu” dipilih sebagai lagu hits kedua yang diluncurkan setelah “Khayalan,” agar masyarakat bisa lebih mengenal perjuangan seorang komposer atau penulis lagu yang jarang diingat oleh pendengar walaupun lagu-lagunya mengisi hari-hari mereka.

“Saya sangat berharap di perjalanan 23 tahun karir saya di industri musik Indonesia saya bisa mewujudkan mimpi saya untuk mencetak album kompilasi yang berisi lagu-lagi hits yang saya ciptakan baik untuk band saya The Groove maupun lagu-lagu hits yang saya ciptakan untuk penyanyi lain seperti, Iwan Fals, Krisdayanti, Sheila Majid dan Shanty,” uxap Rieka.

Proses pembuatan single ini dibantu oleh teman-teman musisi Rieka seperti Ali Akbar dan We Are Neurotics (Jonathan Mono, Karel William dan Yosa Viano).

“Mereka membantu saya dalam hal aransemen lagu, sehingga terciptalah lagu “Dahulu” ini dengan aransemen yang menurut saya lebih energicfresh, dan beat-nya pun sangat disko. Selain itu saya juga dibantu oleh Brury Effendy yang bermain saxophone serta Dimas Pradipta yang meramu lagu ini dalam proses mixing dan mastering,” kata Rieka.

Video Musik

Yang tidak kalah menariknya dari single “Dahulu” ini adalah video musiknya. Video ini disutradarai oleh Rieka dan partnernya di Halaman Musik, Angga Saleh.

Mereka berdua ingin membuat video musik ini berbeda dengan yang lain sehingga konsepnya harus dibuat seperti film pendek yang mampu bercerita tentang isi, sekaligus cerita di balik lagu “Dahulu”.

Music video ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang saya alami. Saya ingin menceritakan perjalanan panjang dari seorang penulis lagu dan penyanyi yang ingin menyanyikan lagu ciptaannya sendiri, yang dulu lagunya pernah ditolak oleh label besar tapi akhirnya lagu itu berhasil menjadi hits dan masih didengarkan sampai hari ini. Proses ini yang ingin saya ceritakan melalui music video ini,” tutur Rieka.

Di video musik “Dahulu,” Rieka Roslan melibatkan generasi muda yang sebagian adalah murid-muridnya seperti Wa Ode (Pemenang POP Academy Indosiar 2021), Inara (Finalis POP Academy Indosiar), Syahravi, anak-anak vocal grup dan band SMA Negeri 2 Bandung, anakanak dari WannaBe Dancer, dan beberapa talenta lainnya.

Walaupun beberapa dari mereka baru mencoba dunia acting, tetapi mereka sudah terlihat natural dan dapat beperan sesuai seperti yang diharapkan. Keterlibatan generasi muda ini dimaksudkan agar tercipta regenerasi yang baik di industri musik Indonesia.

“Sebagai pencipta lagu saya memiliki kegelisahan. Oleh karena itu saya ingin mengedukasi generasi muda agar dapat lebih menghargai pencipta lagu dengan berusaha mencari tau siapa pencipta dari lagu-lagu yang mereka dengarkan. Selain itu saya berharap single ‘Dahulu’ ini dapat diterima dengan baik oleh pendengar musik Indonesia, terutama karena single ini saya persembahkan dengan aransemen baru yang menurut saya lebih cocok untuk generasi muda saat ini. Semua ini berawal dari sebuah kisah dan ‘Dahulu’ saya persembahkan sebagai momentum Rieka Roslan 23 Tahun Berkarya,” ucapnya. 

Rieka Roslan dikenal sebagai salah satu pendiri grup band The Groove dan juga seorang soloist.

Rieka juga dikenal sebagai penulis lagu yang telah berhasil mencetak banyak hits di antaranya “Dahulu” dan “Khayalan” untuk The Groove, “Cobalah Untuk Setia” yang dinyanyikan oleh Krisdayanti, “Izinkan Aku Menyayangimu” yang dinyanyikan oleh Iwan Fals, dan beberapa hits lainnya.

Rieka Roslan juga dikenal sebagai pengajar vokal dan vocal director untuk banyak penyanyi.***

Tinggalkan Balasan

Back to top
%d blogger menyukai ini: