Komunitas Hegarmanah Bangkitkan Harapan dari Cikapundung

Komunitas Lukis Hegarmanah Bandung menyelenggarakan pameran bersama dengan tajuk “Bangkit Dengan Penuh Harapan,” di Galeri Komunitas Hegarmanah, Gg. Cikapundung No. 34, Bandung, 30 Agustus-30 September 2022.

Beragam karya memenuhi dinding, mewakili kebebasan berekspresi, meluapkan kemerdekaan narasi. Pameran “Bangkit Dengan Penuh Harapan” ini juga menunjukkan produktifitas para perupa yang tergabung dalam Komunitas Hegarmanah selepas pandemi Covid-19 mereda.

Pada Februari hingga Maret, mereka mengadakan pameran bersama “Rupa Rupi Eskplorasi.” Tak berjarak lama, karya-karya baru hadir lewat pameran “Puisi Garis” sepanjang Mei hingga Juni.

Karya-karya baru di Pameran “Bangkit Dengan Penuh Harapan” menyiratkan keseriusan Komunitas Hegarmanah untuk mewarnai keragaman seni rupa, khususnya dari Kota Bandung. Selain berpameran, pameran ini juga menghadirkan kegiatan melukis model hingga diskusi.

Komunitas Hegarmanah

Komunitas Hegarmanah terbentuk pada tahun 2008, sebagai perkumpulan dari orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda mulai dari dosen, pengusaha, arsitek, desain interior, ibu rumah tangga, yang memiliki ketertarikan yang sama yaitu melukis.

Pada 2008, mereka menjadikan seni rupa sebagai hobi dan pernah belajar pada seniman Barli Sasmitawinata dan mulai sering berkumpul di Kapten Tendean 54, Hegarmanah. Di sana mereka berkumpul, menggambar, melukis, juga berdiskusi soal profesi mereka masing-masing yang berbeda, dan tentu saja soal seni rupa.

Oleh karena itu, perkumpulan ini kemudian mereka namai Komunitas Lukis Hegarmanah atau yang sekarang popular dengan KHM. Selain mantan murid Barli dari Bale Seni Barli, beberapa mantan murid era Studio Rangga Gempol pun bergabung.

Belakangan, muncul wajah-wajah baru dari berbagai latar belakang pendidikan yang bergabung dalam komunitas seru ini. Maka tanpa terasa komunitas, yang terasa hebohnya kalau sedang berkumpul ini telah menjadi sebuah keluarga besar dengan anggota dari berbagai usia.

Kegiatan yang mereka lakukan bak air mengalir, namun demikian, minat dan kesungguhan mereka dalam berkarya tak bisa diragukan. Dari beberapa anggota komunitas Hegarmanah kerap ikut serta berpameran di Bandung, Jakarta, Yogya, semarang, Singapore, Malaysia, Itali, dan lainnya.

Tahun 2015, kegiatan HKM dipindahkan ke Gg. Cikapundung 34, Banceuy, memanfaatkan sebagian ruang kantor Yoris Tensa. Tiga tahun kemudian, 2018, mereka mulai membenahi ruangan-ruangan di sana menjadi studio dan galeri. Maka resmilah HKM punya galeri yang bisa dimanfaatkan untuk pameran berkala.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top
%d blogger menyukai ini: